Sumber Belajar dan media Pembelajaran

Nama: Irma Rizqia Fitriyani
NPM: 18410064
Deskripsi: tugas mata kuliah Sumber Belajar dan Media Pembelajaran semester 3



Struktur dan Kebahasaan Pada Teks Prosedur

Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.
4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

Tujuan
  1. Peserta didik dapat menganalisis struktur teks prosedur
  2. Peserta didik dapat mengembangkan teks prosedur
  3. Peserta didik dapat menganalisis struktur kebahasaan teks prosedur
  4. Peserta didik dapat menyusun teks prosedur


Model pembelajaran Jigsaw
Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada  model pembelajaran jigsaw  ini keaktifan siswa (student centered) sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.
Langkah-langkah:
1. Satu kelas dibentuk 5 kelompok
2. Tiap kelompok diberi sub topik yang berbeda, yaitu
Kelompok 1 struktur teks prosedur
Kelompok 2 kebahasaan teks prosedur
Kelompok 3 jenis kalimat
Kelompok 4 verba material dan verba tingkah laku
Kelompok 5 menyusun teks prosedur
3. Setiap kelompok membaca dan mendiskusikan sub topik masing-masing dan menetapkan anggota ahli yang akan bergabung dalam kelompok ahli.
4. Anggota ahli dari masing-masing kelompok berkumpul dan mengintegrasikan semua sub topik yang telah dibagikan.
5. Kelompok ahli berdiskusi untuk membahas topik yang diberikan dan saling membantu untuk menguasai topik tersebut.
6. Setelah memahami materi, kelompok ahli menyebar dan kembali ke kelompok masing-masing kemudian menjelaskan materi kepada rekan kelompoknya.
7.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
8.      Pendidik memberikan tes individual pada akhir pembelajaran tentang materi yang telah didiskusikan.
9.      Peserta didik mengerjakan tes individual yang mencakup semua topik.

Peta Konsep
 













Materi Ajar

Pengertian Teks Prosedur
Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Tujuan Teks Prosedur
Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

Struktur Teks Prosedur
1.      Tujuan
Tujuan pada teks prosedur adalah  pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan dan motivasi dalam melakukannya.
2.      Bahan dan Alat
Berisi mengenai rincian bahan dan alat yang digunakan dengan ukuran yang akurat.
3.      Langkah-langkah
Berisi langkah melakukan sesuatu dengan urut secara per tahap.
4.      Penutup
Berisi penekanan pada keuntungan dan ucapan selamat melakukan sesuatu.

Ciri Ciri Teks Prosedur
Adapun ciri-ciri teks prosedur yang diantaranya yaitu:
1.      Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).
Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu.
Contoh :
Tolong matikan kran air itu!
Jangan membuat ribut, anak-anak!
Saya minta kerjakan tugasmu tepat waktu!
2.      Menggunakan kata kerja aktif.
Kata kerja yang memberikan suatu tindakan kepada objeknya misalnya :
Menyiram
Membungkus
Melempar  dan lain – lain.
3.      Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
Kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis.Contoh:
–Selanjutnya
–Berikutnya
–Kemudian
–Lalu
–Setelah itu.
4.      Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat dan cara yang akurat.
Gunanya menambahkan atau memberi keterangan pada kata lain.
Contoh:
Ibu mengiris lobak menggunakan pisau tajam.
inta menyiram bunga dengan tangki air miliknya.
Aku harus pergi ke rumah paman sekarang.
Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.
5.      Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah sehingga pembaca bisa mengikuti apa yang diperintahkan pada sebuah teks.
6.      Menggunakan kalimat penghubung sehingga dari awal dan akhir teks saling terkait.
7.      Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung.
8.      Menggunakan kalimat saran dan larangan.
9.      Menggunakan kriteria atau batasan tertentu.
10.  Menggunakan kata keterangan.
11.  Berisi pemberian informasi.
12.  Berisi langkah yang terperinci
13.  Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i bunganya setiap hari, lempar-kan bola tersebut keatas.

Macam Macam Teks Prosedur
Teks prosedur memiliki 3 macam jenis diantaranya, teks prosedur sederhana, kompleks dan protocol.
1.      Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya 2-4 langkah saja dalam melakukannya, contohnya cara login facebook.
2.      Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi banyak langkah dalam melakukannya. contohnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan ktp.
3.      Teks Prosedur Protokol
Teks prosedur protokol adalah teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. misalnya, jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukan air panas kedalam wadah yang berisi mie lalu memasukan bumbu.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur
Teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan diantaranya, konjungsi temporal, kata imperatif, verba material dan tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.
1.      Kalimat Imperatif – Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya ialah untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
2.      Kalimat Deklaratif – Kalimat yang berisi pernyataan, fungsinya ialah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
3.      Kalimat Interogatif – Kalimat yang berisi pertanyaan, fungsinya ialah untuk meminta informasi tentang sesuatu.
4.      Konjungsi Temporal – Konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya, setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.
5.      Verba material dan tingkah laku – Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah ubi itu, masukan air kedalam wadah. Sedangkan Verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan, dan lainnya.
6.      Partisipan manusia – Partisipan manusia adalah mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.
7.      Bilangan penanda – Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.

Soal Latihan
Pilihan ganda
1.      Ada berapa stuktur dalam teks prosedur?
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
2.      Berikut ini yang bukan merupakan struktur dalam teks prosedur adalah.....
a.       Tujuan
b.      Langkah-langkah
c.       Judul
d.      Penutup
e.       Alat
3.      Salah satu contoh konjungsi dalam teks prosedur adalah.....
a.       Memotong
b.      Berikutnya
c.       Campurkan
d.      Ratakan
e.       Aduk perlahan
4.      Perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu sampai matang, disebut......
a.       Verba tingkah laku
b.      Konjungsi
c.       Verba material
d.      Konjungsi temporal
e.       Kalimat imperatif
5.      Teks prosedur ada 3 jenis, diantaranya adalah.....
a.       Sederhana, lengkap, protokol
b.      Sederhana, kompleks, konjungtor
c.       Sederhana, kompleks, protokol
d.      Lengkap, sempurna, kompleks
e.       Lengkap, campuran, sederhana

Essay
1.      Apa itu teks prosedur?
2.      Ada berapa struktur teks prosedur? Sebut dan jelaskan!
3.      Sebutkan contoh-contoh konjungsi dalam teks prosedur!
4.      Sebut dan jelaskan macam-macam teks prosedur!
5.      Sebutkan 3 kaidah kebahasaan dalam teks prosedur!
Kunci jawaban
Pilihan ganda
1.      D
2.      C
3.      B
4.      A
5.      C
Essay
1.      Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.
2.      Struktur Teks Prosedur
1.      Tujuan
Tujuan pada teks prosedur adalah  pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan dan motivasi dalam melakukannya.
2.      Bahan dan Alat
Berisi mengenai rincian bahan dan alat yang digunakan dengan ukuran yang akurat.
3.      Langkah-langkah
Berisi langkah melakukan sesuatu dengan urut secara per tahap.
4.      Penutup
Berisi penekanan pada keuntungan dan ucapan selamat melakukan sesuatu.
3.      Selanjutnya, Berikutnya, Kemudian, Lalu, Setelah itu.
4.      Macam-macam teks prosedur:
1.      Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya 2-4 langkah saja dalam melakukannya, contohnya cara login facebook.
2.      Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi banyak langkah dalam melakukannya. contohnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan ktp.
3.      Teks Prosedur Protokol
Teks prosedur protokol adalah teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. misalnya, jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukan air panas kedalam wadah yang berisi mie lalu memasukan bumbu.



5.      Kaidah kebahasaan teks prosedur
1.      Kalimat Imperatif – Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya ialah untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
2.      Kalimat Deklaratif – Kalimat yang berisi pernyataan, fungsinya ialah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
3.      Kalimat Interogatif – Kalimat yang berisi pertanyaan, fungsinya ialah untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Rubrik Penilaian
Pilihan ganda score 1, 5 soal= 5
Essay score 4, 5 soal=20
Nilai akhir= (5+20)x4= 100

























Daftar pustaka

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.


Komentar